Saturday 22 September 2012

aplikasi islami buat hp java




Aplikasi Java: Aplikasi Islami di Ponselmu (lebih lengkap)


September 8, 2008 — . Aplikasi Java: Aplikasi Islami di Ponselmu (lebih lengkap) diposting oleh rismaka pada September 8, 2008. Berikut ulasan selengkapnya. 4.8
capture0000[Sebagai pendahuluan] Judul di atas (“Aplikasi Islami”) bukanlah meniru apa-apa yang diserukan oleh sebagian orang yang membubuhkan embel-embel “islami” untuk beberapa hal yang tidak ada sebelumnya dalam ajaran islam (baca: bid’ah), seperti halnya demokrasi islami, musik islami, sinetron islami, natal-an islami (???), novel islami, de el el. Semua hal yang disebutkan tadi pada dasarnya tidak diajarkan (bahkan terlarang-red) dalam ajaran islam, namun oleh beberapa kalangan hal-hal di atas dibumbui dengan label islami. Maka jadilah penghalalan akan hal-hal tersebut, meskipun hal-hal tersebut adalah terlarang.
Adapun pelabelan “aplikasi islami” hanyalah sebagai bentuk penamaan suatu aplikasi untuk membedakannya dari jenis aplikasi lainnya. Di sini saya mengumpulkan dari beberapa sumber tentang aplikasi-aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk memudahkan kita dalam menuntut ilmu syar’i, beramal, serta beribadah di waktu-waktu luang anda.




1. APLIKASI AL QUR’AN
Qur’an Reader Arabic
Adalah aplikasi Al Quran lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Untuk artikel lengkap tentang Qur’an Reader Arabic bisa dibaca di sini dan di sini.
Terdapat beberapa versi dari Qur’an Reader Arabic:
Qur’an
Sama seperti Qur’an Reader di atas, hanya saja aplikasi ini hanya menyediakan font arabnya saja, tanpa adanya terjemahan.
Qur’an bisa didownload di sini (jar)
PocketQur’an
download filenya di sini (jar)
Terjemah Al Qur’an Juz Amma
Hanya berisi terjemahan Al Qur’an di juz yang ke-30
Qur’an Word for Word
Tidak tahu, soalnya belum pernah nyoba. Bagi yang mau coba silahkan mendownloadnya di sini (jad)
2. APLIKASI HADITS
Kumpulan Hadits shahih Bukhari dan Muslim
Anda dapat mendowloadnya di link berikut:
Hadits Arba’in
Hadits Qudsi
Merupakan kumpulan hadits-hadits qudsi terjemahan bahasa Inggris. Bisa didownload di sini (jad)
3. Aplikasi Doa dan Dzikir
Doa dan Dzikir
Doa dan Dzikr setelah shalat (jar) atau bisa pula didownload di sini (jad)
Du’a
Adalah kumpulan doa harian dalam bahasa inggris. Bisa anda download di sini (jar) atau sini (jad)
Doa Harian
Bisa didownload di sini (jad)
Quranic Duas
Merupakan Kumpulan doa-doa yang diambil dari Al Qur’an. Aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa inggris. Bisa didownload di sini (jad),
Prophet’s Duas Basic
Merupakan kumpulan doa-doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Download aplikasinya di sini (jad).
[Peringatan] Kita harus bisa memilah antara do’a yang shahih dan do’a yang dhaif (lemah). Doa-doa yang diambil dari hadits yang shahih hukumnya adalah sunah muaqad (sangat dianjurkan) untuk diamalkan. Namun doa-doa yang berasal dari hadits yang dhaif (lemah/palsu), maka tidak seyogyanya untuk diamalkan. Untuk menghindari terdapatnya doa-doa yang dhaif (lemah) pada aplikasi di atas, maka saya anjurkan untuk melihat referensi yang telah shahih tentang kumpulan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Berikut ini saya sertakan file (chm dan pdf yang hanya bisa dijalankan di desktop/komputer) yang berisikan doa-doa shahih yang telah terpilah dari hadits-hadits rasulullah. Download Hisnul Muslim di sini (chm), di sini (pdf) atau di sini (pdf).
4. Pengingat Waktu Shalat
  • Mobile Molvee. Download di sini (jar)
  • Azan. Bisa didownload di sini (jar) atau di sini (jad)
  • Prayer Times Basic. Download di sini (jad)
5. Penunjuk Arah Kiblat
  • Qibla Compass Basic. Download di sini (jad)
  • Compass. Download di sini (jar)
Cara untuk menentukan kiblat dengan aplikasi di atas bisa anda lihat di sini.
6. Informasi Seputar Makanan yang Halal
Halal Food Guide (jad). Merupakan aplikasi pemandu anda untuk mencari makanan-makanan yang halal di sekitar anda. Namun jika kita mempunyai ilmu tentang syari’at islam, maka kita akan tahu mana makanan yang halal dan mana yang tadinya halal bisa berubah hukumnya menjadi haram. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama belajar/menuntut ilmu syar’i yang berdasar pada Al Qur’an dan Hadits dengan pemahaman salafus shalih. Menuntut ilmu syar’i adalah wajib fardhu ‘ain bagi setiap orang yang mengaku muslim.
Cara penginstallan:
  • untuk file zip: Ekstrak file zip tersebut, kemudian file jar yang di dalamnya ditransfer ke ponsel dengan menggunakan kabel data, infra red atau bluetooth, kemudian install.
  • Untuk file jar: Tinggal transfer aja ke dalam ponsel, lalu install.
  • Untuk file jad: Transfer file jad tersebut ke dalam ponsel, lalu jalankan file jad tersebut. Ponsel kemudian akan terhubung ke internet untuk mendownload dan menginstall aplikasi tersebut. Jika ponsel anda tidak mempunyai sambungan internet, lihat trik menginstall aplikasi jad secara offline di sini.
Demikianlah yang aplikasi-aplikasi islami yang bisa saya kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi kaum muslimin semuanya. Aplikasi-aplikasi di atas adalah tidak berbayar alias gratis. Namun sebagai seorang muslim, maka adab yang terbaik adalah kita bersyukur pada sang developer ataupun individu-individu yang turut menyebarkannya dengan cara mendoakan kebaikan untuk mereka.
“Tidak bersyukur kepada Allah, orang yang tidak bersyukur kepada manusia”
[dari hadits, tapi lupa riwayat siapa. Mungkin pembaca ada yang tahu? Jikalau tahu silahkan masukan kritik dan saran di kolom komentar...]
Maka dari itu berdoalah kepada Allah saja agar DIA melimpahkan kebaikan kepada mereka yang telah menyebarkannya…
===============================================