Thursday 12 April 2012

pentingnya jamaah

.**KH. Cholil Ridwan: Perlunya Umat Islam Berjama’ah**..

Posted on
  • Monday, April 9, 2012
  • by
  • Khoirunnisa Syahidah
  • in
  • Labels: ,

  • Umat Islam harus menggunakan prinsip berjamaah dalam segala hal. Bahkan termasuk dalam ekonomi atau poltik. Pernyataan ini disampaikamn K.H. A. Cholil Ridwan Lc di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran, belum lama ini.
    Menurut salah satu pengurus MUI Pusat dan Ketua Dewan Dakwah Indonesia Pusat ini ada banyak hal-hal yang amat sederhana dan mungkin seringkali banyak diremehkan orang, yakni terhadap pentingnya umat Islam untuk selalu berjama’ah. Termasuk dalam shalat.
    “Tentunya, berjama’ah yang ia maksud bukan saja berjama’ah dalam shalat semata, tetapi lebih luas dari itu, contohnya berjama’ah dalam ekonomi,” ujarnya.
    Ia menyebutnya dengan ekonomi kejama’ahan dan konsep seperti ini bisa dimulai dari shalat berjama’ah, karena dengan berjama’ah maka sebuah masjid tidak akan kehilangan rohnya.
    “Rasulullah tidak pernah tidak berjama’ah, kemana pun beliau selalu berjama’ah dan shalat berjama’ah sudah seperti fardhu ‘ain”, ungkapnya.
    “Kita tidak boleh sendiri, kita harus jama’ah. Kalau ada ekonomi kerakyatan kita usulkan menjadi ekonomi kejama’ahan,” tandasnya.
    Dari sini, selain masjid pesantren seharusnya juga bisa menjadi basis dari ekonomi kejama’ahan. Mengingat, kata beliau, berdasarkan data Depag jumlah pesantren pada tahun 2009 saja sudah sekitar 180.000 buah. Tentunya hal tersebut harus dimaksimalkan.*/Sarah

    No comments: